Senin, 18 Mei 2020

Cara Meningkatkan Sistem Imun

Hai semua,
Bagaimana karantina di rumah nya? 
Pasti kalian bosan kan, lalu apa saja yang kalian lakukan saat karantina di rumah? 

Walaupun kita harus dirumah aja, kita tetap harus produktif dan yang paling penting adalah menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. 
Apalagi saat pandemi seperti ini, kesehatan harus benar-benar diperhatikan. Hal ini sangat penting supaya kita terhindar dari virus yang sedang merebak di dunia ini yaitu virus Covid-19. 

Nah, sebenarnya apa sih virus ini? 
Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan, yang dapat menyebabkan kematian. Tentu kita semua tidak mau dong ya, terkena virus ini. 
Maka dari itu, untuk mencegahnya, kita perlu memperkuat, meningkatkan kekebalan tubuh atau biasa kita sebut sistem imun dalam tubuh  kita nih. Karena sistem imun itulah yang berperan dalam sistem pertahanan kita terhadap patogen atau mikroba berbahaya di luar tubuh. Sistem imun ini ibarat tentara yang menjaga badan kita. 

Sistem imun terdapat pada darah kita, yang sering kita sebut sebagai sel darah putih, dan bekerja setiap saat pada tubuh kita. Baik banget yakann
Langsung aja yuk, kita simak apa saja yang harus kita lakukan untuk meningkatkan sistem imun 

• banyak makan buah dan sayur tinggi serat





Kalian tahu gak sih, bahwa di dalam tubuh kita ini terdapat banyak sekali bakteri yang sangat penting dalam kehidupan kita loh. Peran bakteri ini adalah untuk membantu cara kerja tubuh secara fisiologis dan merupakan kuman atau bakteri baik yang menyokong sistem imun kita. Bakteri ini kebanyakan terdapat di usus.

Bakteri baik dalam tubuh kita ini membantu sistem imun, memberikan signal, bekerjasama untuk mempertahankan badan kita dari benda asing atau mikroba berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan kita jatuh sakit.
Bakteri-bakteri baik ini disebut dengan microbioma. Microbioma ini sangat suka dengan sayur, buah, dan kacang-kacangan yang berserat.

Karena mereka sudah menjaga kita, ibaratnya sudah menjadi tentara dalam tubuh kita, maka kita harus memberi makan, atau menjaga bakteri ini supaya tetap hidup nih, supaya bisa membantu sistem imun kita memerangi mikroba berbahaya dengan lebih maksimal. 

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang banyak, mereka tidak memakan sayur dan buah, tetapi hanya  mengonsumsi suplemen vitamin, yang kandungan vitaminnya lebih banyak dengan hanya 1 atau 2 tablet saja. 

Tetapi, perlu kalian ketahui, bahwa memang suplemen lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak untuk di konsumsi. Tetapi suplemen itu tidak mengandung serat, jadi tidak bisa untuk mempertahankan microbioma tetap hidup.

Jadi kita harus tetap makan sayur dan buah tinggi serat. Karena semakin banyak kita mengonsumsi sayur dan buah, maka bakteri baik dalam tubuh kita akan semakin bervariasi, yang artinya adalah bahwa sistem imun kita semakin kuat. Sehingga kita tidak mudah terjangkit penyakit, khususnya Virus Corona ini nih. 

Buat kalian yang tidak suka sayur atau buah, yuk belajar makan sayur dan buah. Ingat manfaatnya yang luar biasa dalam tubuh. Ingatkan juga keluarga kalian, orang-orang disekitar kalian, dan siapapun itu, supaya mulai biasakan makan sayur dan buah tinggi serat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Meningkatkan Sistem Imun

Hai semua, Bagaimana karantina di rumah nya?  Pasti kalian bosan kan, lalu apa saja yang kalian lakukan saat karantina di rumah?  W...