Senin, 20 April 2020

Cegah Virus Dari Diri Sendiri

Virus Corona



Beberapa waktu terakhir ini, dunia sangat dihebohkan dengan wabah yang sangat merebak, yaitu Covid-19.
Virus ini menyerang sistem pernapasan manusia ataupun hewan, dan bisa menyebabkan kematian.

Sangat mengerikan bukan?

Maka dari itu, semua orang melakukan apapun supaya dirinya tidak terkena virus mematikan ini. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah terpapar covid-19.

1. Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun, dengan langkah yang benar selama minimal 20 detik pada air mengalir.
Hand Sanitizer dapat kita gunakan ketika jauh dari sumber air, wastafel, atau keran, dan jangan terlalu sering menggunakannya karena dapat menyebabkan kulit kering atau juga resisten.
Bukan berarti selalu menggunakan hand sanitizer, karena kuman atau virus hanya mati dan tetap berada di tangan kita. Lain lagi jika kita mencuci tangan, kuman dan virus ikut mengalir, dan tangan kita benar-benar bersih.


2. Jika terpaksa keluar rumah, sebaiknya menggunakan masker dan tetap jaga jarak ketika di luar. Jaga jarak ini untuk mengurangi kontak dengan orang lain, karena orang yang terlihat sehat dan tidak bergejala pun bisa jadi membawa virus ini (carrier), jadi bukan berarti kita menganggap bahwa orang itu terkena virus covid-19 lalu kita jauhi, jangan baper loh ya :D

3. Meningkatkan sistem imun
Banyak orang berbicara soal sistem imun, tetapi apakah sebenarnya mereka tau dan paham, apa itu sistem imun?
Jadi, sistem imun adalah sistem pertahanan kita terhadap patogen atau mikroba berbahaya di luar tubuh. Sistem imun ini ibarat tentara yang menjaga badan kita. Sistem imun terdapat pada darah kita, yang sering kita sebut sebagai sel darah putih, dan bekerja setiap saat pada tubuh kita.

Maka dari itu, kita perlu meningkatkan sistem imun ini. Caranya adalah dengan:


  • banyak makan buah dan sayur tinggi serat

Dalam tubuh kita, terdapat banyak sekali bakteri yang sangat penting dalam kehidupan kita untuk membantu cara kerja tubuh secara fisiologis, juga merupakan kuman atau bakteri baik yang menyokong sistem imun kita, dan bakteri ini kebanyakan terdapat di usus.
Bakteri baik membantu sistem imun, memberikan signal, bekerjasama untuk mempertahankan badan kita dari benda asing atau mikroba berbahaya.
Bakteri-bakteri baik ini disebut dengan microbioma, yang sangat suka dengan sayur, buah, dan kacang-kacangan berserat.

Jadi kita harus memberi makan, atau menjaga bakteri ini supaya tetap hidup, dan bisa membantu sistem imun kita memerangi mikroba berbahaya. Banyak juga orang tidak suka sayur dan buah, dan hanya mengonsumsi suplemen vitamin, tetapi suplemen itu tidak mengandung serat, jadi tidak bisa untuk mempertahankan microbioma tetap hidup.

Jadi kita harus tetap makan sayur dan buah tinggi serat, semakin banyak kita mengonsumsi sayur dan buah, bakteri baik dalam tubuh akan semakin bervariasi, artinya sistem imun kita semakin kuat.


  • olahraga

Dengan olahraga, peredaran darah akan semakin lancar, dan sel darah putih akan bekerja lebih maksimal.
Olahraga baiknya dilakukan 3 kali dalam seminggu, 45-60 menit, dan jangan berlebihan karena justru akan menurunkan sistem imun kita.


  • hindari stress

Stress adalah keadaan dimana kita harus beradaptasi. Dibagi menjadi dua, yaitu stress akut dan stress kronis.

Stress akut/berjangka pendek, terjadi jika hormon adrenalin meningkat.
Sedangkan stress kronis/berjangka panjang terjadi jika hormon kortisol meningkat. Sedangkan hormon kortisol yang terlalu banyak dalam tubuh dapat menurunkan sistem imun tubuh kita.
Jadi harus bahagia terus ya teman-teman :).


  •  hindari alkohol dan rokok 

Alkohol akan merusak mikrobiota dalam tubuh, sehingga sistem imun menurun. Kemudian rokok, menyebabkan implamasi/ peradangan tubuh meningkat, yang menyebabkan pertahanan tubuh terhadap virus atau benda asing menjadi menurun.


  • tidur cukup

Ketika kita tidur, akan terjadi regenerasi sel dan healing/penyembuhan akan maksimal ketika kita tidur.


  • berjemur 

Sistem imun kita terdiri dari banyak sel, salah satunya adalah sel -T yang berpatroli dan membunuh virus atau benda asing dan melawan infeksi di dalam tubuh.

Cahaya matahari dapat meningkatkan kinerja sel -T ini, sehingga kerjanya menjadi maksimal. Berjemur yang baik adalah 15 menit pada jam 10 pagi, dan jangan lupa menggunakan sun blok terutama pada wajah. Juga jangan terlalu lama dan sering karena dapat meningkatkan resiko kanker kulit dan lain-lain.

Memang, virus corona bisa mati pada suhu tinggi, yaitu 56° C, dan manusia tidak mungkin demam hingga suhu tersebut, karena pada suhu 40° C saja bisa terjadi kejang-kejang.

Jadi, cahaya matahari tidak membunuh langsung virus dalam tubuh loh ya.

Sekian hal-hal yang dapat kita lakukan supaya terhindar dari virus covid-19 ini, tetap dirumah aja, patuhi pemerintah, dan jangan panik namun tetap waspada. Kita doakan juga untuk semua tenaga medis yang berada di garda terdepan, semoga mereka selalu dilindungi, dan semoga pandemi virus ini lekas berakhir. Amin.



Sumber : youtube Clarin Hayes/ @clahayes
https://youtu.be/IdWx4hC375Y
https://youtu.be/JXAHpf_-ELY
Pinterest
@WHO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Meningkatkan Sistem Imun

Hai semua, Bagaimana karantina di rumah nya?  Pasti kalian bosan kan, lalu apa saja yang kalian lakukan saat karantina di rumah?  W...